Langsung ke konten utama

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap πŸ™Š Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan

Between of 2 Type (INTJ-INFJ)

Kenal sama MBTI itu pas kuliah Pengantar Psikologi, dan hasilnya langsung nunjukin kalau saya tipe INTJ. Hmmmhhh... Dan INTJ ini tetep konsisten ada pada diri saya. Pokoknya pas saya nyoba lagi ngisi tes MBTI, hasilnya PASTI INTJ, hingga entah ada angin apa suatu ketika saya iseng ngisi lagi di tempat yang berbeda dan hasilnya berubah jadi INFJ.

Saya di sini nggak akan ngejelasin tetek bengek ciri-ciri INTJ or INFJ itu kayak gimana. Pokoknya kalau penasaran, ya tinggal googling aja. Banyak bangeett ulasan keduanya. Pokoknya di sini saya bakalan ceritain keajaiban menjadi seorang wanita INTJ yang adakalanya berubah jadi INFJ :D.

Entah kenapa dari saya kecil, saya suka ngerasa beda sama temen-temen cewe saya. Beda aja, nggak tau kenapa. Beda karena saya doyan manjat-manjat, nggak suka dipanggil "eneng" (panggilan buat anak cewe Sunda) yang emang kedengerannya feminim banget, suka mikir yang aneh-aneh yang nggak pernah orang lain pikirin (jadi waktu saya TK saya berusaha keras memecahkan pertanyaan, kenapa Allah cuman nyiptain perempuan sama laki-laki, apa enggak ada jenis kelamin lain gitu yang lebih beda tapi tetep manusia), dan masih banyak lagi hal-hal ajaib yang dimata nenek dan ibu saya, saya itu bagaikan perempuan yang sangat aneh dan harus dengan sangat keras dididik dengan tatakrama.

Hingga
Ini beneran terjadi. Saya diajarin cara jalan yang bener, makan yang bener, pegang sendok yang sopan, duduk yang bener, ngomong yang halus, dan masiihhh banyak lagi. Meski pada akhirnya nenek sama ibu saya cukup berlapang dada karena ngerubah saya sama aja kaya nulis tinta di atas lautan (hΓ©sΓ© pisan).

Makin gede, makin berasa anehnya. Hingga pas awal kuliah saya ketemuan sama temen SMP saya, terus dia bilang "Kamu tetep kayak gini ya San, nggak berubah" ngedenger itu saya cuman mengerutkan kening bingung. Ahaaa... Mungkin yang dia maksud "cover" saya. Yaaa harus saya akui, saya bukan tipe perempuan yang musti banget makeup'an tiap ke luar. Alasannya sih simple, takut makin banyak yang suka wkwkwkw (kepedean).

Dandan
Oke kita bahas ini jadi poin pertama. Saya Γ©mang bukan tipe perempuan yang dandan banget. Sampai detik ini, pegang pinsil alis aja baru sekali, itupun pas saya penasaran ikutan kelas makeup. Selebihnya, kalau ada acara saya suka didandanin orang dan suka takjub gitu pas lihat hasilnya. Meennn ko cakep banget ya? Ahahaha (lagi-lagi saya emang kepedean). Meski saya nggak suka dandan, tapi bukan berarti saya nggak suka ngerawat muka saya. Begini-begini saya itu pecinta berat yang namanya SALON apa lagi sama facial. Aaaaa...suka banget kalau udah facial apa lagi plus pake totok wajah. Sukaaaa banget pokoknya. Nah kalau masalah nyalon, saya emang rutin banget wkwkwk. Bukan apa-apa, hal ini terilhami gegara saya baca buku Jangan Jadi Muslimah Nyebelin. Pokoknya pas habis baca buku itu, meski saya emang nggak demen dandan tapi saya wajib aware banget sama cover yang udah Allah kasih. Nah berhubung ibu saya juga demen banget nyalon, beliau bilang "Kalau nggak dirawat dari sekarang, makin susah nanti perawatannya" begitu katanya. Oke saya beneran terilhami, makanya prinsip saya ya kalau dandan makeup itu ngehias (saya selalu ngebayangin kaya ngelukis di atas wajah) tapi kalau nyalon itu ngerawat. Nemuin bedanyakan wkwkwkw. Terus saya dan temen deket saya yang emang nggak doyan dandan punya prinsip yang sama. Pokoknya kita itu nggak banget kalau disukai orang gegara wajah kita. Karena ada hal lain dalam diri kita yang kita udah perjuangkan mati-matian dan itu jadi harga kita. Karena harga termahal kita bukan dilihat dari tampilan fisik kita yang terwarnai oleh makeup :D.

Sendiri
Wait, bukan gegara karena saya masih melajang ahahah. Tapi karena emang saya introvert sejati, saya itu paling nyaman banget kalau udah sendirian. Bebas aja, nggak ngerepotin orang. Makanya saya suka heran kalau ada cewe yang nggak jadi pergi ke suatu acara yang pengen banget dia dateng hanya gegara dia nggak ada temen. Ampun deh, sungguh merugi itu orang. Meski justru karena hal ini, saya selalu yang dibilang aneh. Dari zamannya sekolah sampe sekarang kalau di jalan ketemu temen kalimat yang terlontar pertama kali adalah "Sendirian aja?" dan nyebelinnya kalau udah seusia segini kalimatnya ditambahin "Makanya cepetan nyari suami biar nggak sendirian melulu" aih nyebelin banget kan ya. Bukannya apa-apa, saya nggak mau ngerepotin. Bahkan saya mikir kalau pas entar saya udah nikah, kalau saya pergi-pergi apa lagi belanja ya daripada suami saya BT mendingan nggak usah nemenin aja ahahah. Selain pergi sendiri, saya juga sangat menikmati ketika saya nonton bioskop sendiri. Meski yang couple'an selalu menatap saya dengan tatapan yang sangat aneh, meennn nape ente ngasih tatapan kasian gitu, gue beneran menikmati ko kalau gue nonton sendiri. Selain nonton, berhubung saya suka makan, saya juga suka pergi makan ke tempat baru sendiri. Makanya udah kebal banget deh diliatin dengan tatapan nanar sama yang couple'an.

PD Abis
Hahahah.... Saya itu banci panggung. Paling demen kalau udah disuruh tampil ke depan. Meski pas zamannya sekolah atau kuliah kalau meranin drama nggak pernah dapet peran waras apa lagi dapet peran jadi cewe cakep. Peran saya itu, malu-maluin banget pokoknya kalau nggak jadi antagonis ya jadi gembel atau orang gila hmmmh. Daannnn selama kuliah saya paling demen kalau disuruh presentasi ke depan atau ngeMC suatu acara, demeennn banget pokoknya. Sampai temen saya ada yang bilang kalau saya presentasi itu mirip sama motivator aih bikin terbang ini.

Jutek
Jutek atau tegas bagi saya beda tipis wkwkwk. Pokoknya saya itu paliingg nggak suka sama cewe yang nggak bisa tegas apa lagi di depan cowo. Apa lagi sambil menye-menye so imut, aih nyebelin banget pokoknya. Tetapi gegara ini saya juga bersyukur, karena hanya cowo-cowo nekat aja yang berani menye-menye di depan saya. Hmmhh tapi siap-siap aja kena semburan mulut pedas saya whoahahah. Nggak tau kenapa saya punya sikap ini. Bahkan kalau orang yang baru kenal pasti nyangkanya saya ini orang yang ekstra keras kepala alias nggak punya perasaan, hmmh.

Nggak Peka
Naahhhh... Ini yang bikin saya bingung, antara INTJ dan INFJ. INTJ itu kan orangnya logika banget ya, sementara kalau INFJ itu maennya perasaan banget. Jujur sering kali saya nggak merhatiin perasaan orang, pokoknya ya bodo amat sikon dia kaya gimana, yang penting kerjaan dia musti beres tanpa alasan. Naahhhh tapi dilain sisi saya kalau udah peka, bisa pekaaaa banget. Apa lagi pas nonton film, deuuu saya gampang banget nangis sampe bombay-bombay. Iya, saya ngerasa aneh aja. Kalau ada yang meninggal misalnya. Pas nenek saya meninggal otomatis dong keluarga saya nangis-nangis, lha saya malah diem aja kaga nangis sama sekali. Padahal nih bisa dibilang diantara semua cucu ya hanya saya yang paling banyak menghabiskan waktu dengan beliau, hingga hanya saya satu-satunya cucu yang nenek saya ingat dengan baik ketika beliau mulai pikun. Tapiiii beberapa hari setelah beliau meninggal, kalau saya inget beliau saya gampaaaanggg banget bombay. Saking bombaynya saya suka ngumpet di kamar biar nggak ketahuan. Tuh kan bingung.

Kreatif
Ahaaa...intinya saya seneng banget bikin segala sesuatu yang berbau kerajinan tangan. Seneennggg banget, meski saya paling nggak bisa kalau disuruh lukis. Selain itu saya paling seneng bikin suatu program, makanya pas kuliah saya nyangkut di divisi program atau kurikulum. Nah pas giliran acara, ya saya demen banget ada di divisi acara. Saya juga suka banget masak. Alasannya simple karena saya suka banget makan whoahaha. Kata orang-orang sih masakan saya enak, kiw.

Visioner
Saya sukaaaa banget ngomongin berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Makanya saya itu bisa jadi langsung BT kalau ada orang yang mematahkan imajinasi saya di masa depan. Langsung pundung lah ahahah. Pokoknya saya nggak suka kalau ada orang yang punya prinsip "Jalanin aja, kalau nanti ya kita liat nanti aja" meennnn hidup itu berawal dari perencanaan yang MATANG. Oh iya anehnya, meski saya suka segala hal terencana tapi sering kali saya suka merubah keputusan saya didetik-detik terakhir. Bingung kan ya.

Analisis
Naahhh saya itu kaya punya mulut juga di kepala wkwkwk. Iya di manapun saya berada, kepala saya ngomooong terus. Nanya kenapa bisa gini, kenapa nggak gitu, kenapa dan kenapa. Dannnn saya orang terkepo sejagad wkwkwk. Kepo sama kehidupan orang-orang terdekat saya (mirip detektif wkwk). Alasannya sih simple, biar saya lebih memahami aja karakter dan latar belakang orang-orang yang berada di sekitar saya.

Pendengar yang baik
Hmmhhh aga aneh sih sebenernya, apa lagi pas saya lagi dalam sikon yang logika banget. Tapi entah kenapa, kalau orang udah ngobrol sama saya tanpa saya mintapun biasanya dia akan secara otomatis curhat tentang dirinya. Meennn jadi ya gegara ini saya berusaha menjadi pendengar yang sangat baik buat mereka.

Selera
Selera saya untuk berbagai hal katanya aneh alias nggak pasaran. Dari mulai lagu, buku, pria (ahahah), dll. Iya aneh, pake banget katanya. Pokoknya selera saya nggak biasa banget buat selera seorang wanita seumuran saya. Misal nih buku, meennn saya berapi-hapi rekomen itu buku karena menurut saya bagus, terus biasanya tanggepan temen saya malah biasaaa aja. Bahkan sering kali dibilang itu buku nggak mudah dicerna, sayanya aja yang seleranya gitu sementara orang lain enggak. Haaa ribet kan yaaa. Terus saya itu katanya seleranya tua, wkwkwk makanya aga nggak nyambung kalau ngomongin ke sukaan saya sama orang-orang seusia saya ahahah.

Loyal
Naahhh selain selera, saya itu kalau udah suka sama suatu hal ya saya PASTI sukaaa banget. Misalnya sama menu makanan. Kalau saya udah suka ya kalau makan pasti milih itu-itu lagi. Sampe-sampe tempat langganan saya makan tau banget menu kesukaan saya. Padahal banyak menu lain yang mungkin kalau dicoba enak juga, tapi entahlah saya jarang tertarik dan suka deg-degan kalau mau mencoba berbagai hal yang baru. Seperti halnya kosan. Meski hujan badai  menerpa saya untuk pindah kosan, pun ditambah ibu kosan yang super duper nyebelin tapi saya nggak pernah pindah kosan. Dari awal keluar asrama sampai wisuda kosan saya ya di situ terus.

Naahhh selain MBTI, saya juga pernah tes sidik jari pake sistemnya STIFIN. Hasil tes saya itu adalah Intuiting Introvert, yang konon katanya populasi Intuiting Introvert itu termasuk spesies yang langka juga di Indonesia. Hmmhhh...lengkap sudah keajaiban dalam diri saya ini. Keajaiban yang kadang saya merasa kalau saya itu beda bangeettt sama kebanyakan cewe yang lainnya.

Daaannn emang temen saya yang cowopun bilangnya pada gitu. Kalau saya itu beda, bedaaaa banget sama cewe kebanyakan. Sampe ibu saya sempet khawatir dan nasihatin saya biar saya merubah sedikit demi sedikit karakter saya, biar ada yang suka katanya. Hmmhh...tapi kalau kata temen saya yang cowo bilangnya ya udah, jadi diri sendiri aja. Toh malahan katanya kalau dia nyari istri dia pengen yang karakternya kaya saya (whoahahah berhasil bikin saya baper kalimat temen saya ini wkwwk).

Well...
Meski rasanya sangat ajaib dan enggak biasa, saya sangat-sangat menikmati karakter saya ini. Meski adakalanya ibu saya khawatir takut nggak ada satupun pria yang mau menikahi saya gegara saya cukup berbeda dengan perempuan pada umumnya, tapi hmmhhh enjoy aja lagi. Lagi pula saya nggak mau ngedapetin pasangan yang dengannya justru saya nggak bisa jadi diri saya sendiri. Yaaaa.. Cepat atau lambat saya yakin ko bakalan ada pria yang mau jadi suami saya dan dengan sangat legowo mau menerima keanehan saya ini ahahahha. Maaf ye, dasar jomblo ujung-ujungnya suka curhat masalah jodoh wkwkwk.

Eniwei, begitulah saya. Mungkin diantara kalian ada yang memiliki karakter yang sama dengan saya heheheh. Siapa tau kaannnn????




Komentar

  1. Kamu 85 persen mirip saya... intj jg, bedanya saya ga banci panggung, sy lebih suka belakang panggung...bikin rundown, script, atau property...
    Ga terlalu suka tampil2... karena wajah aku naturally flat and my voice is cracked... jd susah buat acting atau nyanyi...

    BalasHapus
  2. Kok sama banget ya kak, cuma aku bukan banci panggung kkk, salam kenal ya kak πŸ˜‰

    BalasHapus
  3. Kuliah jurusan apa kak kalo boleh tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kuliah Ilmu Keluarga dan Konsumen (IPB)

      Hapus
  4. hello, i'm INTJ too.. dan aku ngerasa punya karakter yang hampir sangat mirip dengan kamu :D
    ternyata orang kaya gini ga cuma aku doang hahahaha

    BalasHapus
  5. 100% mirip kakak!! Alhamdulillah saya gak sendiri��

    BalasHapus
  6. Kok sama sih kak!! Yang pemikiran tentang kenapa di dunia ini cuma jenis kelaminnya laki laki dan perempuan.. Betina dan jantan.. Kenapa gak ada jenis lain gitu🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa, saya kira, cuman saya aja yg pernah mikir gitu wkwk. Toss dulu aahhh, kita pernah punya pemikiran yang sama πŸ˜†πŸ–πŸ»

      Hapus
  7. Sama kk, tapi kok bisa dr prediksi intj berubah jadi infj?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadiii, dulu itu saya logikaaaa banget. Bahkan, beberapa orang, menilai saya kejam hahahha. Tapiii, seiring berjalannya waktu, dan adanya berbagai "tamparan" dari semesta, saya mulai pake hati juga, kalau melibatkan apapun πŸ˜….

      Hapus
  8. Saya pun begitu, namun saya lebih ke infj. Saya tau ketika anda tidak menangis saat nenek meninggal bukan berarti anda tidak sedih namun hanya menunjukan pd semua orang bahwa anda adalah orang yg kuat,bagaimana anda menjadi orang yg kuat jika terlihat cengeng di mata orang lain. Saya kadang terlihat apatis pd orang" tertentu namun sebenernya tersimpan perasaan yg sangat dalam terhadap mereka semisal kasihan,sedih dll hanya aku punya alasan lain untuk meninggalkannya tentu dg berbagai pertimbangan. Dan satu hal, meskipun infj mengambil keputusan dg perasaan namun bukan berarti tidak bisa berlogika. Bahkan infj sangat berlogika untuk hal" Tentang wawasan dan ilmu pengetahuan bahkan kemampuan holistik secara alami yang mampu memahami sesuatu dari berbagai sudut pandang yg bahkan orang lain tidak pernah menduganya. namun ketika sedang berhadapan dg orang logika tidak punya kuasa karena di ambil alih perasaan akibatnya kadang aku harus berbohong karena takut menyinggung perasaan Orang lain,mengecewakan atau melukai dan hanya menyimpannya dalam hati.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Fi lu lebih developed.Fungsi tersier nya udah lumayan dipake banget dan lu menjadi emosional INTJ

      Hapus
  10. Wah, kalo aku kebalik, Kak. Dulu infj sekarang malah ke intj. Dulu rasanya suka sering kasihan sama orang. Sekarang masih, sih. Cuman berkurang gitu. Banyak malahan.

    Suka banget sama tulisan Kakak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahagianya Menjadi Anak IKK (Ilmu Keluaraga dan Konsumen)

Milih jurusan itu udah kaya milih jodoh, karena salah-salah milih malah bikin pengen cepet-cepet pisah. Daaann...inilah aku sekarang, di departemen yang sangat aku cintai IKK =* Masih banyak banget orang di luar sana yang memandang sebelah mata sama jurusanku ini, utamanya ngelihat judulnya yang mungkin ya dirasa sangat simple dan semua orang biasanya melalui tahap itu, keluarga. Eniwei, meski enggak belajar IKK pun banyak yang masih beranggapan kalau keluarga itu bisa banget dipelajari dengan mudah, jadi enggak usahlah buang waktu kuliah buat mempelajari hal yang kayak begini -,-". Ya..namanya juga pendapat orang yang enggak tau, well seenggaknya dengan banyak anggapan seperti itu justru bagiku malah makin penasaran sama jurusan ini, hingga akupun pada akhirnya berpindah haluan dan lebih memilih IKK untuk dipelajari lebih dalam. Di IKK ngapain sih? Mungkin itu pertanyaan klise yang ditanyain banyak orang setelah mendengar jurusan yang rada enggak biasa ini.

Tips Sukses Pubertas, Gen Z Ayo Merapat!

                                                              (Pixabay/PublicDomainPicture) Siapa di sini yang udah memasuki masa-masa pubertas? Masa pubertas, merupakan masa dimana semuanya benar-benar berubah.  Ya gimana enggak, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Uniknya, ketika memasuki masa pubertas dibilang masih anak-anak nggak mau tapi dibilang dewasa juga belum siap πŸ™Š Eits, tapi tenang aja kalau kamu udah ada di masa pubertas ini. Karena aku bakalan spill Tips Sukses Pubertas yang sangat mudah kamu terapkan di dalam keseharianmu ☺ 6 Tips Sukses Pubertas 1. Pahami Perubahan Bentuk Tubuh (fisik) Hal yang bikin kaget dan tentu saja penanda pertama ketika kamu memasuki masa pubertas adalah, perubahan bentuk tubuh. Suara mulai berubah (perempuan cempreng, laki-laki nge-bas), tumbuhnya bulu-bulu di area-area tertentu, jerawat, dada bidang (laki-laki),  haid (perempuan), adanya sperma (laki-laki), dan tumbuhnya payudara (perempuan). Jadi jangan